<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d164598676182838526\x26blogName\x3dAinulio\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://ainulio.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://ainulio.blogspot.com/\x26vt\x3d-3349042395056114355', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Other Link Contact Us
The Top Up
The Ainulio
Blog ini bertema bebas, bro!.
Tapi jangan asal ceplos. Gunain Otak


Who are us?
:: We're Ainulio.
:: Gabungan Dari 5 anak didik SMAN 1 Malang...(wohoo..)
:: From The Brandal'Z XI-IS2....(Yeahhh...)


Links
Getete
Westalah
Enaknya Apa
Bajhul Djowo
Gnaro Smansa
AerPuteh

Contact one of us to Link your Blog here


Halaman
December 2007
January 2008
February 2008
March 2008
September 2008


Credit
:: Thanks For Blogger
:: Thanks For PhotoShop
:: Thanks For Google and Yahoo
:: Thanks For Tutorialized
:: Thanks For Me!
:: Thanks For You!!

Shout Out!

Free shoutbox @ ShoutMix


Site Meter!
Sunday, December 30, 2007
5:00 AM

Tentang Search Engine

A. PENGERTIAN SEARCH ENGINE
Search engine adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk mencari informasi dengan waktu singkat. Dikatakan lebih singkat karena kita tidak perlu mengingat domain pada website yang akan dicari, cukup dengan cara mengetik kata kunci pada search engine. Sehingga kita tidak perlu untuk menelusuri halaman website satu persatu.

B. MACAM-MACAM SEARCH ENGINE
Di dunia, khususnya di Indonesia terdapat bermacam-macam search engine. Perbedaan antara yang satu dengan yang lain adalah lembaga yang memproduksi dan kecepatan aksesnya. Ada beberapa search engine yang paling sering digunakan oleh pengguna internet sekaligus yang paling populer di Indonesia, yaitu :
1. Search Engine Google
Google adalah search engine yang sangat populer, khususnya di Indonesia. Google memiliki kecepatan akses yang baik. Hal tersebut karena dipengauhi oleh modem dan keandalan mesin pencari. Disamping itu, Google juga memiliki kelemahan. Google tidak menyediakan layanan e-mail gratis dan tidak menyediakan fasilitas video, MP3 dan sejenisnya.





2. Search Engine msn
msn adalah search engine yang diterbitkan oleh microsoft selain ENCARTA. msn juga relatif mudah untuk digunakan. Mungkin msn ini jarang dipakai tetapi pencarian msn tersebut lebih lengkap daripada YAHOO dan GOOGLE. msn juga memiliki kategori-kategori dalam pemilihan bentuk untuk data yang akan dicari, misal: Web, News, Images, Local, Desktop dll.




3. Search Engine Yahoo
Yahoo adalah pelopor search engine di dunia. Hampir 60% pengguna internet menggunakan search engine yahoo untuk mencari informasi. Tampilan homepagenya mudah dipahami dan terorganisir sehingga mempermudah seseorang untuk mencari informasi bahkan untuk orang-orang yang baru pertama kali menggunakan internet. Keunggulan Yahoo dibandingkan dengan search engine yang lain adalah dapat mencari informasi dalam benda bergerak, misal: video, MP3, gambar animasi, musik dan lainnya. Yahoo juga menyediakan e-mail gratis dan chatting. Kapasitas pengiriman e-mail tersebut mencakup seluruh dunia.



C. FUNGSI SEARCH ENGINE
Memang secara umum, fungsi search engine adalah untuk mencari informasi dalam waktu singkat. Tetapi secara khusus , search engine memiliki banyak fungsi dalam prakteknya. Macam-macam fungsi search engine adalah :

1. Dapat mencari informasi dalam bentuk website
2. Dapat digunakan untuk mencari gambar
3. Dapat digunakan untuk mencari informasi dalam bentuk gambar bergerak (video) dan
gambar animasi
4. Dapat digunakan untuk mencari lagu-lagu favorit dan MP3
5. Dapat digunakan untuk berbelanja
6. Dapat digunakan untuk mencari website berdasarkan direktorinya
7. Dapat digunakan untuk mencari website berdasarkan kategori tempat
8. Dapat digunakan untuk mencari berita-berita terbaru tentang seluruh negara-negara di
dunia.
9. Dapat digunakan untuk mencari jurnal atau laporan penelitian
10. Dapat digunakan untuk mencari website-website yang berhubungan dengan pendidikan
Sumber :www.google.com
Buku Paket TIK Erlangga jilid 2
Oleh: NUREISA FADILLAH

Lulaby, The calm.


0 Comments:

Post a Comment

<< Home