<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d164598676182838526\x26blogName\x3dAinulio\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://ainulio.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://ainulio.blogspot.com/\x26vt\x3d-3349042395056114355', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
Other Link Contact Us
The Top Up
The Ainulio
Blog ini bertema bebas, bro!.
Tapi jangan asal ceplos. Gunain Otak


Who are us?
:: We're Ainulio.
:: Gabungan Dari 5 anak didik SMAN 1 Malang...(wohoo..)
:: From The Brandal'Z XI-IS2....(Yeahhh...)


Links
Getete
Westalah
Enaknya Apa
Bajhul Djowo
Gnaro Smansa
AerPuteh

Contact one of us to Link your Blog here


Halaman
December 2007
January 2008
February 2008
March 2008
September 2008


Credit
:: Thanks For Blogger
:: Thanks For PhotoShop
:: Thanks For Google and Yahoo
:: Thanks For Tutorialized
:: Thanks For Me!
:: Thanks For You!!

Shout Out!

Free shoutbox @ ShoutMix


Site Meter!
Sunday, December 30, 2007
5:17 AM

Topologi Jaringan

Topologi Bus :
Topologi Bus menyediakan 1 saluran untuk komunikasi semua perangkat sehinga setiap perangkat harus bergantian menggunakan seluran tersebut. Oleh karenanya hanya ada 2 perangkat yang saling berkomunikasi dalam suatu saat.Untuk mengefisiensikan penggunaan jaringan, digunakan metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access / Collision Detected) yang dapat mengurangi terjadinya masa tenggang (saluran kosong) dengan mendeteksi tabrakan informasi.

Karakteristik jaringan dengan topologi Bus :
- biaya instalasi sangat murah
- kecepatan rata-rata transfer informasi untuk setiap perangkat sangat lambat karena harus bergantian menggunakan saluran
- sulit untuk manajemen jaringan
- sulit untuk expand (menambah) jaringan



Topologi cincin
Topologi cincin adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

Topologi bintang
Merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
Kelebihan
-Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
-Tingkat keamanan termasuk tinggi.
-Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
-Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
Kekurangan
Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.




Sumber:
Oleh: Leo Resha Pranatama

Lulaby, The calm.


0 Comments:

Post a Comment

<< Home